MARI KITA SHALAT

Minggu, 09 Mei 2010

Mengenal "Benci"

Kebencian adalah sebuah emosi yang sangat kuat yang melambangkan ketidaksukaan, permusuhan, atau antipati untuk seseorang terhadap sebuah hal, barang, atau sebuah fenomena. Hal ini juga merupakan sebuah keinginan untuk menghindari, menghancurkan bahkan menghilangkannya.jadi kebencian merupakan emosi yang sama sekali tidak sehat.(bukannya kebanyakan emosi memang tidak sehat. :D)
Jika ditanya darimana kebencian berasal…? jawabannya mudah namun bisa saja berbeda, tergantung dimana kita meletakkan benar dan salah, melihat dan memberi jarak, atau bahkan mensejajarkannya diantara persamaan dan perbedaaan terhadap semua atau sesuatu apapun yang ada pada semesta.
Pada dasarnya kebencian berasal dari kita sendiri. Kebencian adalah api kita sendiri. Yang membakar diri kita dan orang di sekitar kita. Bahkan orang-orang yang kita sayangi. Api ini membakar semuanya menjadi abu. Dan bahan bakarnya adalah rasa egoistis kita yang hanya bisa melihat pada perbedaan, kesalahan dan ketidaksetujuan.Di sisi lain, kebencian juga berawal dari perasaan adanya kekurangan atau kecemburuan.Perasaan bahwa orang lain tidak menganggap dan tidak memberikan berbagai keistimewaan yang seharusnya kita dapatkan. Kecewa terhadap hal ini, kita membenci. Sama seperti kebencian Iblis terhadap Adam AS,karena Iblis merasa Allah SWT lebih mengistimewakannya..atau serupa kebencian Qabil terhadap Habil karena Qabil merasa Adam AS lebih menyayanginya.
Tapi yang menakjubkan dan mengherankan bagi saya ada beberapa yang menganggap kebencian adalah awal dari hidayah,awal dari rasa cinta, (ini banyak sekali buktinya) mungkin semua berawal dari “kehausan”seseorang untuk mencari tahu, mencari-cari kesalahan, berjuang sekuat tenaga menyudutkan apa yang dibenci, namun pada akhirnya yang dicari dan direncanakan tidak juga berhasil didapat, justru yang ditemukan adalah kebalikannya.. ahh..ini sangat lucu.. tapi mungkin benci versi ini punya sisi lain yang bisa dimaklumi, semacam keterpojokan yang terasa sangat pahit.Mungkin karena itu kebencian tak akan pernah berakhir jika dibalas dengan kebencian.Tetapi hanya akan berakhir jika dibalas dengan kemurahan hati yang dipenuhi cinta kasih. :)

Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar